Wisata Kalimantan Timur Yang Tersembunyi

Indonesia memiliki wisata alam yang memukau. Dari ujung barat hingga ujung timur ada banyak surga tersembunyi, yang belum dikunjungi banyak orang. Kalimantan termasuk provinsi yang menyimpan begitu banyak keindahan alam. Salah satunya di kalimantan timur, yang terkenal dengan kakaban dan pulau derawan. Padahal di kalimantan timur tidak hanya ada dua wisata tersebut. Tapi banyak wisata yang lebih indah dan wajib anda kunjungi. Berikut ini beberapa wisata kalimantan timur yang tersembunyi dan memiliki keindahan memukau.

Gua Haji Mangku

Gua Haji MangkuKetika masuk ke gua haji mangku, anda akan menemukan danau yang jernih dan luas. Tempat wisata ini lebih pantas disebut danau dibandingkan gua. Karena ada danau luas didalam gua ini. Guanya hanya di pintu masuk danau. Selanjutnya ada danau yang dikelilingi tebing tinggi. Warna danau ini sangat jernih, dengan warna kebiruan yang bersih. Anda bisa berenang sepuasnya di tempat wisata ini. Untuk menuju kesini memang cukup sulit, sehingga tidak banyak orang yang mengetahuinya. Lokasi gua haji mangku, berada di pulau maratua, kepulauan derawan, kabupaten berau, provinsi kalimantan timur.

Gua Lason

Gua lason artinya gua yang dapat tembus dari satu tempat ke tempat lainya. Goa ini membentang dari perbatasan kalimantan selatan dan kalimantan timur. Lokasinya di kecapatan muara koman, kabupaten paser. Pertama kali masuk ke mulut gua, anda akan melihat staklakmit dan staklaktit yang sangat indah. Muncul dari dinding dan atap gua. Bentuknya juga unik-unik. Goa ini juga memiliki batu bernada. Bila dipungkul akan mengeluarkan bunyi yang indah, seperti instrumen musik. Ketika masuk ke gua ini, anda harus ditemani oleh guide atau guru kunci. Semakin ke dalam akan semakin gelap, sehingga harus membawa penerangan.

Tembok Besar Chinanya Kalimantan (Batu Dinding Samboja)

Tembok Besar Chinanya KalimantanDi kalimantan anda bisa melihat tembok besar china yang dibuat alami oleh alam. Batu dinding ini membentang dengan tingginya dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Membuat keindahan batu dinding ini semakin memukau. Tebing ini sangat sempit, lebarnya hanya sekitar 1 meter. Dibagian puncak bukitnya pun sangat sempit sekitar 5 meteran. Bukit ini dikelilingi oleh hutan yang lebat. Jika ingin naik ke atas puncak harus hati-hati, jika salah sedikit, nyawa bisa menjadi taruhannya. Untuk pemula lebih baik mengajak guide lokal. Diatas tebing anda bisa melihat matahari terbit atau matahari terbenam yang sangat indah.

Taman Batu Sembinai

Taman batu sembinai ditumbuhi hutan yang lebat dengan warna batu abu-abu, membuat pemandangan disini semakin indah. Untuk menikmati keindahan alam ini, membutuhkan perjalanan yang sulit, anda harus lewat treking yang berkelok, naik dan lainnya. Tapi setelah sampai puncak semua lelah akan terlunaskan. Untuk sampai puncak membutuhkan waktu 1 jam perjalanan. Lokasi taman baru sembinai di desa kasungai, kecamatan batu sopangh, kabupaten paser, kalimantan timur.

Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Telaga Biru Tulung Ni'LenggoTelaga ini berwarna biru yang sangat jernih. Bahkan anda bisa melihat bagian dalam telaga tersebut. Lokasinya di kampung tembudan, kecamatan batu putih, kabupaten berau. Tempat ini bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Anda bisa duduk di pinggir telaga sambil menikmati suasana yang sejuk dan sunyi. Anda juga bisa naik perahu untuk keliling telaga ini.

Selain lima wisata kalimantan timur diatas, masih banyak tempat yang bisa anda kunjungi. Tempat yang tersembunyi dan memiliki keindahan alam yang memukau.