Spanduk Merupakan Media Promosi Yang Murah dan Efektif

Tentunya anda sering melihat spanduk yang terbentang di pinggiran jalan? Ya. Spanduk ini merupakan suatu media informasi yang berupa kain membentang dan biasanya berada di tepi-tepi jalan yang berisi tulisan, warna dan gambar. Spanduk ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan car, sablon “Screen printing” maupun dengan cara print digital.

Perlu diketahui bahwa spanduk ini secara umum dibagi dalam dua macam, yakni spanduk kain dan spanduk MMT. Dimana, spanduk kain ini biasanya dibuat dengan cat, sablon atau dengan print digital. Sedangkan untuk spanduk berbahan MMT hanya bisa dikerjakan dengan menggunakan print digital saja. Lalu apa fungsi spanduk ini?

Fungsi Spanduk

Adapun fungsi dari spanduk ini adalah sebagai media promosi baik itu berupa produk maupun jasa, acara, sekolah, dan lain sebagainya. Selain itu, spanduk juga merupakan media promosi yang murah dan efektif. Karena spanduk ini merupakan media promosi maka pembuatannya juga harus menarik. Sehingga dengan melihat spanduk yang menarik, para konsumen akan tertarik untuk membeli produk maupun jasa yang anda jual. Banyak para pemilik usaha yang mempromosikan produk/jasanya lewat spanduk ini. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya spanduk yang terpajang di sepanjang pinggiran jalan raya.

Ciri – Ciri Spanduk

Berikut ini ciri-ciri spanduk :

– Ukuran 90/100 x 800 cm

– Kalimatnya pendek, singkat, padat jelas dan tulisannya besar

– Memiliki warna yang mencolok atau kontras supaya mudah dilihat/dibaca

– Ditempatkan di pinggir jalan atau tempat yang strategis

Kelebihan Spanduk

Setelah mengetahui fungsi dan ciri dari spanduk, sekarang beralih ke pembahasan tentang kelebihan spanduk sebagai berikut :

– Proses pembuatan yang tidak terlalu rumit

– Jangkauan pemasangan sangat luas dan frekuensi tinggi

– Mencakup semua target audience

– Penempatannya yang fleksibel secara geografis

– Mudah diingat sebelum membeli produk

– Bisa dilihat berulang-ulang oleh pengguna jalan

Manfaat Spanduk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa spanduk ini digunakan sebagai media penerangan/penyampaian informasi baik di luar maupun dalam ruangan. Selain itu, ukuran spanduk ini beragam sesuai dengan kebutuhan. Dengan harga pembuatannya yang murah dan juga memiliki ruangyang luas untuk informasi yang akan disampaikan, sehingga banyak orang menggunakan spanduk ini sebagai sarana promosinya.

Jenis – Jenis Spanduk

Spanduk ini terdiri dari 3 macam jenis, mulai dari yang termurah seperti spanduk sablon dan spanduk spray/semprot hingga yang terbaru dan mahal spanduk printing digital. Dimana, semua jenis spanduk tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

– Spanduk Sablon

Jenis spanduk yang pertama adalah spanduk sablon. Adapun kelebihan dari spanduk ini adalah cara pembuatannya yang sangat mudah. Dimana, dalam sehari bisa dibuat 100 spanduk.

– Spanduk Spray

Jenis spanduk berikutnya adalah spanduk spray/semprot. Kelebihan dari jenis spanduk ini adalah lebih tahan terhadap air.

– Spanduk Printing

Jenis spanduk yang terakhir dan paling mahal biaya pembuatannya adalah spanduk printing. Adapun kelebihan dari spanduk printing ini adalah hasil cetakan yang lebih bagus karena bisa full colour sehingga menjadi lebih menarik. Memang harganya pembuatannya lebih mahal dibandingkan jenis spanduk lainnya, namun hal itu sangat sebanding dengan kualitasnya. Nah, bagi anda yang ingin membuat spanduk printing dengan kualitas baik namun harganya murah, anda bisa mencetaknya di Printerous.com. Selain itu, anda juga bisa cetak spanduk online di Printerous.com ini sehingga proses pencetakan semakin mudah.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang seputar spanduk semoga ada guna dan manfaatnya khususnya bagi anda yang akan membuat spanduk.