RINCIAN BIAYA KULIAH PERGURUAN TINGGI JAKARTA

Bagi anda yang saat ini sudah duduk di kelas 12 SMA atau sudah mau lulus, tentu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu berkuliah di Universitas Favorit impian dari masing-masing lulusan SMA. Nah yang perlu anda pertimbangkan ketika mencari perguruan tinggi adalah mengenai rincian biaya kuliah dari uang DPP, SPP dan lain-lainnya. Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi secara lengkap terkait dengan rincian biaya kuliah di perguruan tinggi yang ada di Jakarta khususnya. Bagi yang ingin tahu seperti apa anggaran biaya kuliah di Jakarta bisa simak artikel ini hingga selesai.

Pertama untuk mencari tahu rincian biaya kuliah di ibu kota Jakarta yaitu anda harus menentukan terlebih dahulu ingin berkuliah di universitas apa. Contoh kalau anda ingin berkuliah di Universitas Tarumanegara yang mana merupakan universitas terkenal dan terfavorit di Jakarta, maka harus cari tahu anggaran biaya kuliah dari setiap jurusan yang ada di dalamnya. Nah perhatikan juga untuk biaya UKT serta BOP dari kampus tersebut. Mari kita simak lebih rinci dibawah ini.

UKT dan BOP

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap perguruan tinggi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan biaya perkuliahan yang diberlakukan. Semakin mahal biaya kuliah maka boleh dikatakan kuliah pendidikan yang ada di dalamnya juga semakin berbobot. Contoh untuk UKT sendiri atau kepanjangan dari Uang Kuliah Tetap ini wajib dibayarkan setiap awal semester, sehingga biaya ini sudah wajib atau pokok untuk anda bayarkan. Nah cari tahu juga untuk BOP ( Biaya Operasional Pendidikan ) yang ada di unversitas tersebut. Pastikan kedua biaya ini sudah dihitung dan dipertimbangkan matang-matang sehingga pada saat sudah berjalan tidak menunggak pembayaran. Sedangkan setiap perguruan tinggi negeri maupun swasta memiliki besaran UKT dan BOP yang berbeda, prinsip dari perhitungan UKT dihitung dengan prinsip keadilan contoh adil terhadap kemampuan setiap mahasiswa dalam membayar uang kuliah, nah biasanya untuk uang UKT dipisahkan menjadi beberapa golongan kelompok 1 Rp.500.000, Kelompok 2 Rp. 1.000.000, Kelompok 3 Rp.2.500.000 dan seterusnya.

Sedangkan untuk BOP sendiri berprinsip berdasarkan pembagian  ranah dari setiap jurusan dari Universitas. Ada 4 ranah yaitu sosial – humoriana, ranah sains, ranah rekayasa dan ranah kedokteran.

Uang Pangkal dan SKS

SKS ini adalah bagian dari setiap mata kuliah yang anda ambil nantinya disetiap awal semester. Satu mata kuliah bisa diterdiri dari 1 – 6 SKS. Jadi sistem pembayaran SKS ini tergantung dari jumlah sks dari setiap mata kuliah, contoh 1 SKS 140.000 x 6 SKS. SKS ini wajib untuk dibayar setiap semester dan tentunya bisa diajukan dispensasi jika anda masih belum memiliki anggaran di bulan tersebut. Kalau uang pangkal ini biasa disebut dengan DPP awal yang mana pada saat pendaftaran baik di gelombang 1 – 3 memiliki jumlah yang berbeda-beda bahkan ada diskon dari setiap gelombang.

Biaya Tambahan Lain

Nah biaya tambahan lain yang nantinya anda keluarkan pada saat masuk ke bangku perkulihaan adalah untuk aktivitas laboratorium, study banding, fieldtrip dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi pertimbangkan secara matang-matang ketika berkuliah di Jakarta, karena biaya hidup di sana juga tergolong mahal terlebih lagi anda harus pintar mengatur keuangan. Sekian dan terimakasih.