Posisi Tidur Ibu Hamil Agar Tidak Gampang Lelah dan Baik untuk Bayi

Ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berubah-ubah sesuai dengan usia kehamilannya. Hal ini sering kali membuat ibu susah untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk saat tidur. Semakin besar kandungan ibu, maka akan semakin susah untuk tidur dalam posisi yang diinginkan. Ibu juga perlu memperhatikan kondisi kandungan agar tetap berada di posisi yang nyaman untuk bayi di dalamnya. Bagi Anda ibu hamil muda, perlu mengetahui posisi tidur ibu hamil yang benar dan baik untuk bayi juga untuk ibu beristirahat. Berikut ini adalah panduan untuk Anda dalam mengetahui posisi mana yang paling aman sesuai dengan usia kehamilan:

  • Trimester pertama.

Dimana ini adalah masa yang paling sulit terutama bagi ibu yang baru pertama kali hamil. Ibu akan mengalami perubahan hormon yang sangat signifikan dan hal ini membuat waktu tidur ibu juga menjadi berubah-ubah. Ibu akan lebih mengantuk di pagi atau siang hari dan susah tidur di malam hari. Untuk membantu ibu bisa tidur nyenyak, berikut ini adalah posisi tidur yang dianjurkan:

  • Tidur miring S.

Tidur miring dengan posisi S di samping kiri badan akan membuat ibu lebih rileks terutama jika didukung dengan kasur yang empuk dan sejuk.

  • Tidur miring tegak.

Selain menekuk lutut dalam posisi S, ibu juga bisa tidur dalam posisi lurus dengan cara miring ke arah tubuh kiri.

  • Bantal tidur.

Gunakan bantal tidur untuk menyangga kepala, punggung dan kaki agar ibu tetap nyaman tidur terlentang.

  • Trimester kedua.

Pada trimester kedua ini ibu hamil sudah lebih leluasa untuk bergerak meski perut lebih besar dibandingkan trimester pertama. Di trimester kedua rasanya tubuh sudah terbiasa begitu juga dengan bayi yang berada di dalam kandungan. Untuk posisi tidur yang nyaman dan aman, ibu bisa mencoba posisi sebagai berikut:

  • Miring ke kiri.

Dengan miring ke kiri, aliran oksigen dari plasenta ke bayi akan semakin lancar.

  • Jangan terlentang.

Posisi tidur ibu hamil di trimester kedua ini usahakan ibu tidak tidur terlentang karena akan mengganggu suplay oksigen untuk bayi.

  • Trimester ketiga.

Untuk trimester ketiga, kandungan sudah nampak sangat buncit karena sudah mendekati masa kelahiran. Untuk posisi tidur yang nyaman dan aman, berikut ini tips yang bisa dipraktekkan:

  • Meletakkan bantal di antara kedua lutut dan tidur di posisi miring.
  • Menggunakan bantal tidur ibu hamil untuk menyangga pinggang saat tidur miring.
  • Tidur di sofa juga bisa jadi lebih nyaman untuk ibu di kehamilan trimester ketiga.

Dari rekomendasi di atas, tidur miring ke arah kiri merupakan posisi tidur yang paling direkomendasikan selama kehamilan. Dengan posisi tersebut aliran oksigen dari ibu melalui plasenta pada bayi akan tetap lancar. Selain memperhatikan posisi tidur agar berkualitas, ibu juga bisa menunjangnya dengan menghindari minuman kopi atau dan minum terlalu banyak di malam hari.

Untuk membantu agar mendapatkan posisi tidur ibu hamil yang nyaman dan aman, kini sudah banyak bantal hamil dengan bentuk S yang empuk dan bisa ibu pergunakan. Pilihlah bantal hamil yang terbuat dari busa atau dacron lembut sehingga ibu lebih sejuk dan nyaman menggunakannya. Hindari tidur terlalu malam meski sudah banyak tidur di siang atau pagi hari agar ibu tidak merasa kelelahan.