Pilihan Rumah Minimalis yang Tetap Bersih dan Rapi Sepanjang Hari

Bingung memilih rumah yang minimalis sekaligus memiliki kebersihan kelas VIP sehingga selalu nyaman untuk ditempati? Sebenarnya memiliki rumah minimalis yang bukanlah hal yang sulit, karena saat ini telah banyak pilihan desain yang bisa anda pilih. Hanya saja, untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan rumah, hal tersebut harus anda lakukan bersama keluarga anda penghuni rumah tersebut.

Lalu, bagaimana peran anda bersama keluarga untuk mewujudkan kebersihan dan kerapian rumah tersebut? Yang pertama dan utama tentu saja adalah memilih arsitektur rumah minimalis pilihan keluarga dan mampu anda beli. Hal tersebut tentu sudah anda lakukan, tetapi langkah selanjutnya adalah bagaimana menjaga agar rumah anda tetap bersih dan rapi sebagai berikut.

  1. Utamakan untuk membersihkan ruang tamu

Bagaimana anda menyusun agenda ketika hendak membersihkan rumah, mana ruangan yang pertama anda bersihkan? Ada satu ruangan yang perlu anda perhatikan lebih ketika membersihkan rumah, yaitu ruang tamu. Alasannya, karena ruangan tersebut adalah ruangan yang paling sering di tempati dan juga menjadi tempat yang paling dilihat orang lain ketika bertamu.

Ada banyak hal yang harus dibersihkan di ruang tamu. Sejak awal kita sudah memilih desain rumah minimalis dengan ruang tamu yang elegan tetapi tetap minimalis. Oleh karena itu, pastikan anda membersihkan dan merapikan ruangan tersebut dari berbagai perabot, kertas, sisa makanan atau hal lain yang berserakan. Ruang tamu yang sudah bersih bisa mengawali kebersihan untuk ruangan lainnya.

  1. Jangan menunda mencuci perlengkapan makan

Kebersihan dapur di rumah minimalis mungkin menjadi hal yang akan sangat terlihat. Pemilik rumah seharusnya sadar akan hal tersebut dan sudah seharusnya untuk menjaga kebersihan dapur dengan tidak menunda-nunda dalam membersihkan perlengkapan makan seperti piring, sendok dan lain-lain. Kebiasaan menumpuk piring di keranjang sebaiknya ditinggalkan agar mendapatkan dapur yang bersih.

Adapun kegiatan mencuci piring ini sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup dengan waktu kurang lebih 10 menit, anda bisa membersihkan satu sumber penyebab dapur yang kumuh. Namun, karena sudah kebiasaan, terkadang mengubah kebiasaan ini tidaklah mudah. Oleh karena itu, anda harus berusaha untuk mengubahnya dengan pelan-pelan hingga kebiasaan tersebut berubah.

  1. Manfaatkan gudang dengan bijaksana

Kegiatan beres-beres rumah adalah kegiatan yang tidak hanya membutuhkan kesabaran, tetapi juga dibutuhkan ketegasan dari orang yang melakukannya. Sering kali ketika kita hendak melakukan beres-beres tersebut, terpikir di benak kita untuk meletakkan/membiarkan barang yang tidak penting di ruangan yang kita bersihkan hanya karena satu hal, “Ah, nanti mungkin akan digunakan.”

Tanpa disadari, ternyata pemikiran tersebut hanya akan membuat ruangan berisi tumpukan barang yang kurang berguna. Nah, untuk mengatasi hal ini, anda perlu memanfaatkan gudang dengan bijaksana. Tempatkan barang yang bersifat “nanti mungkin akan di gunakan” tersebut bersama tumpukan barang lainnya di gudang. Sehingga, ruangan yang anda bersihkan bisa bersih dan rapi secara maksimal.

  1. Semua anggota keluarga bisa bertanggung jawab untuk kebersihan rumah

Tips terakhir untuk membuat rumah tetap bersih dan rapi adalah dengan cara melibatkan anggota keluarga untuk ikut membersihkan rumah. Mungkin selama ini orang yang paling peduli dengan kebersihan rumah adalah anda. Tetapi, dengan sesekali mengajak anggota keluarga membersihkan rumah, diharapkan anggota keluarga merasa bertanggung jawab terhadap kebersihan rumah.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda praktekan untuk bisa mendapatkan rumah minimalis yang selalu bersih dan rapi sepanjang hari. Dengan rumah yang bersih dan rapi, anda tidak hanya akan betah tinggal di rumah, tetapi juga akan merasa nyaman ketika orang lain datang ke rumah anda.