Mengobati Luka Karena Jatuh dan Penanganan Pertamanya

Terjatuh saat melakukan suatu aktifitas memang tidak bisa dihindari. Apalagi bagi Anakn kecil yang dalam masa atau usia bermain. Mereka akan sangat rawan terjatuh. Saat terjatuh kemudian ada bagian dari tubuh kita yang terluka maka hal yang harus dilakukan adalah memberikan penanganan terhadap luka jatuh tersebut. Jika tidak segera ditangani maka luka bisa infeksi dan menjadi luka yang lebih parah.

Tentu saja untuk menangani luka jatuh ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan arahan dari petunjuk kesehatanpada umumnya. Hal ini dilakukan agar pertolongan pertama yang dilakukan dalam memberikan obat luka jatuh tidak lantas menjadi jalan yang salah dan justru memperparah luka tersebut.

Langkah Penanganan Pertama Luka Jatuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk menangani luka pasca terjatuh dapat dilakukan dengan beberapa tahapan pertolongan pertama yang baik dan benar sesuai dengan arahan dari ilmu kesehatan. Banyak orang awam yang masih saja salah dalam penanganannya. Sehingga yang terjadi justru luka menjadi infeksi. Berikut ini adalah langkah penanganan yang bisa Anda simak dan catat dengan baik :

  1. Usap Darah Pada Luka

Saat luka jatuh yang dialami menimbulkan darah maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan darah yang ada pada luka tersebut. Hal ini karena darah yang keluar tersebut sudah tercampur dengan kuman dan bakteri yang berasal dari tempat terjatuhnya tubuh sebelumnya.

  1. Bersihkan Luka Dengan Air

Setelah membersihkan darah maka selanjutnya adalah bersihkan luka dengan menyiram atau mengusapnya menggunakan air bersih. Hal ini dilakukan agar kulit yang luka bersih dari kotoran yang menempel saat terjatuh. Hal ini dilakukan sebelum penanganan pengobatan lanjutan.

  1. Berikan Antiseptik

Usai luka dibersihkan dengan air bersih maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan antisepktik pada luka. Hal ini dilakukan untuk menutup kulit dari masuknya kuman ke dalam luka. Usai itu Anda bisa tutup luka dengan kain atau kasa pembalut yang bersih.

Beberapa langkah pertolongan pertaman yang dijelaskan tersebut merupakan info kesehatan yang bisa Anda terapkan dengan baik saat Anda atau orang di sekitar Anda mengalami luka jatuh. Dengan begitu luka jatuh tidak menjadi makin parah.