Manfaat Hitungan Weton dalam Kepercayaan Jawa

Weton adalah kepercayaan sebagian orang Jawa sebagai peringatan hari lahir yang dihitung dengan perhitungan Jawa dengan menggabungkan hitungan hari dalam seminggu dengan lima hari dalam pasaran Jawa. Berikut manfaat hitungan weton dalam kehidupan orang Jawa.

Menghitung Cocok Tidaknya Pasangan

Perhitungan weton sebelum pernikahan digunakan untuk melihat kecocokan weton pasangan. Perhitungan ini dilakukan karena pernikahan merupakan suatu hal yang sakral dan membutuhkan persiapan yang lengkap bagi orang Jawa.

Perhitungan ini dilakukan berdasarkan angka-angka  tertentu yaitu dengan menghitung angka neptu dan pasaran dari kedua calon mempelai. Sisa dari perhitungan nantinya akan menentukan apakah Anda dan calon pasangan Anda baik atau tidak.

Mengetahui Watak dan Perilaku Seseorang

Dalam era modern, Anda lebih mengenal horoscope untuk mengetahui sifat dan perilaku seseorang. Dalam adat Jawa, orang Jawa mengenal weton dan wuku untuk mengetahui karakter seseorang.

Dalam kepercayaan Jawa, mempelajari waktu terjadinya perputaran kalender tradisional menentukan karakter seseorang. Cara perhitungannya masih sama yaitu dengan menggabungkan lima hari pasaran Jawa dan 7 hari dalam seminggu.

Hitungan Weton dalam Kepercayaan Jawa

Menjauhkan Kesialan

Setiap weton seseorang dalam budaya Jawa memiliki kewajiban untuk berpuasa. Tujuannya bukan hanya untuk memperingati hari lahir, namun juga dilakukan agar Anda selalu memperoleh keselamatan.

Banyaknya hari Anda berpuasa bisa 1 hari saja yaitu pada hari weton Anda. Namun, pilihan lain Anda juga bisa melakukan 3 hari puasa apit dengan hari weton berada di hari kedua. Cara berpuasanya bisa seperti ketika Anda puasa Ramadhan. Tapi Anda juga bisa melakukan puasa dari jam 6 sore hingga 6 pagi.

Agar Selalu Meraih Kesuksesan

Untuk selalu meraih kesuksesan, orang Jawa biasa melakukan selamatan pada hari peringatan weton. Kegiatan ini dilakukan sebagai ucapan rasa syukur dan doa agar selalu meraih keselamatan dan kesuksesan. Selamatan ini dilakukan dengan sederhana dengan menyiapkan 2 piring nasi lengkap dengan lauk tahu tempe dan sayur mayur.

Itulah hitungan weton dalam kepercayaan Jawa. Saat ini memang tidak semua orang percaya dan mempraktikkan weton Jawa ini. Namun, ada juga yang masih menggunakan perhitungan weton dalam pernikahan.