Makanan Penyebab Kanker Payudara yang Berbahaya

Penyebab kanker payudara memang banyak sebabnya. Selain faktor gaya hidup yang salah, juga bisa dipengaruhi oleh makanan. Banyak makanan yang bisa memicu penyakit mematikan tersebut. Sebut saja makanan tinggi lemak atau makanan kalengan yang mengandung bahan pengawet.

Sebelum membahas makanan apa saja yang bisa sebabkan kanker payudara, baiknya kita bahan terlebih dahulu mengenai penyakit ini terlebih dahulu. Berikut ini

Apa itu kanker payudara?

Seperti dikutip https://www.harapanrakyat.com/, kanker payudara awalnya dipicu oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali pada payudara. Pertumbuhan sel tersebut biasanya ditandai dengan benjolan (tumor) yang kemudian membelah diri dan menghasilkan jaringan tambahan bersifat kanker (jinak maupun ganas).

Setelah itu, jaringan yang tidak normal tersebut meluas ke sejumlah bagian organ tubuh seperti kelenjar getah bening pada ketiak dan bagian-bagian tubuh lainnya. Meski dipercaya bahwa faktor genetik sebagai penyebab kanker payudara, namun hal itu perlu penelitian lebih lanjut.

Sejumlah medis menyimpulkan bahwa wanita berusia diatas 40 tahun berisiko lebih tinggi terserang kanker payudara dibanding wanita usia muda, namun penyakit ini sulit terdeteksi pada stadium awal. Dengan begitu penyakit ini pada akhirnya tidak memandang usia.

Penyebab kanker payudara sebenarnya mudah dihindari. Asalkan kita menjalankan gaya hidup sehat, hindari makanan yang memicu kanker dan kenali ciri-ciri kanker payudara agar bisa mengatasi sejak dini.

Ciri kanker yang harus dikenali diantaranya pada bagian putting sering keluar darah atau cairan yang tidak biasa, terdapat benjolan pada payudara tapi tidak terasa nyeri, terdapat pengerutan di bagian payudara, ada penebalan atau ada bengkak pada kulit payudara, puting seperti ditarik ke dalam dan terasa gatal-gatal pada sekitar kulit payudara.

Selain itu, terdapat fakta lain yang membuktikan bahwa faktor gaya hidup, termasuk mengonsumsi makanan tidak sehat jadi salah satu penyebab kanker payudara. Karenanya makanan-makanan berlemak tinggi dan mengandung bahan pengawet harus dihindari.

Ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi penyebab kanker payudara dan mudah dikenali. Jenis makanan dan minuman tersebut dikenal sebagai pemicu utama dalam tumbuhnya sel-sel kanker di payudara. Lalu makanan dan minuman apa saja yang dikatakan tidak sehat dan bisa pemicu kanker payudara.

Makanan yang Dibakar

Makanan yang dibakar, terutama daging, disebut sebagai makanan yang menjadi pemicu kanker payudara. Karena dengan dibakar dengan pembakaran yang suhunya tinggi lama akan membentuk senyawa yang disebut Heterocyclic Amine (HCA) serta Policyclic Hydrocarbon (PAH). Dua zat itu karsinogen dan memicu pertumbuhan berbagai sel kanker.

Kedua zat memang tidak langsung menyebabkan kanker. Namun sering mengkonsumsi makanan yang dibakar akan menyebabkan kerusakan DNA. Dengan begitu memperkecil kemungkinan terkena kanker payudara harus hindari makanan yang dibakar. Makanan yang sehat dan tidak rentan menimbulkan penyakit adalah makanan yang direbus.

Daging Merah

Daging merah adalah makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang sangat tinggi. Hal itu berbeda dengan daging putih atau ikan segar dan bagus juga daging unggas.

Selain itu, daging merah juga memicu meningkatnya kolesterol darah. Telebih apabila dikonsumsi jangka panjang dan terus menerus sangat beresiko menyebabkan sel kanker, diantaranya sel kanker payudara.

Makanan Berpengawet

Makanan berpengawet merupakan makanan kalengan yang memicu sel kanker payudara. Setiap makanan kaleng selalu dilapisi bahan khusus bisphenol-A. Zat itu adalah bahan kimia yang dapat merusak DNA pada tubuh manusia. Agar terhindar dari risiko kanker payudara, baiknya tidak mengonsumsi makanan kalengan.