Ketahui Gejala Alergi Untuk Mendapatkan Penanganan yang Tepat

Apakah anda pernah ditanya dokter mengenai memiliki alergi atau tidak? Bagaimana anda menjawab pertanyaan dokter tersebut? Mungkin kita berpikir bahwa kita tidak memilikinya karena selama ini kita sehat-sehat saja. Akan tetapi, apakah anda yakin benar-benar tidak memilikinya? Nah, untuk meyakinkan diri sendiri, ada beberapa gejala yang bisa kita ketahui agar menjadi lebih yakin.

Pertanyaan dokter yang membuat kita kurang yakin dengan jawaban yang kita berikan tersebut memang sedikit membingungkan. Tetapi, ternyata pertanyaan tersebut adalah pertanyaan penting yang akan memengaruhi kesehatan tubuh kita terutama ketika sedang dalam masa penyembuhan karena suatu penyakit. Oleh karena itu, kita juga harus memberikan jawaban yang pasti.

Nah, untuk mendapatkan jawaban yang pasti, kita mungkin perlu mengetahui beberapa gejala alergi di bawah ini. Apabila kita tidak mendapati satupun gejala yang disebutkan di bawah ini, maka bisa lebih yakin bahwa kita tidak memiliki masalah kesehatan yang ditanyakan oleh dokter tersebut. Apa saja gejala tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Gejala berupa kulit gatal yang disertai hidung mampet

Ternyata kulit gatal yang disertai dengan hidung mampet adalah salah satu gejalanya. Menurut dokter yang memang ahli, ada banyak gejala selain yang disebutkan tadi. Dijelaskannya, kombinasi penyakit yang terjadi di satu waktu adalah salah satu gejala juga. Misalnya, memiliki penyakit batuk disertai kesulitan untuk bernapas.

  1. Gejala berupa iritasi dan tubuh bengkak

Gejala yang kedua ini lebih mudah untuk kita tandai, yaitu mengalami iritasi atau tubuh bengkak. Sering kali gejala yang ditunjukkan secara fisik adalah gejala yang paling mudah untuk kita kenali karena kita bisa melihatnya secara langsung. Bagi pasien, gejala tersebut juga lebih mudah untuk ditunjukkan ke dokter. Tetapi, tidak semua iritasi dan tubuh bengkak tersebut adalah merupakan suatu gejala.

Hanya iritasi dan tubuh bengkak yang terjadi setelah kita melakukan sesuatu yang bisa menimbulkan gejala tersebut. Misalnya, setelah kita makan makanan yang mengandung udang, setelah kita menghirup serbuk bunga tertentu, dan lain-lain. Apabila anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk pemeriksaan yang lebih lanjut.

  1. Gejala berupa mata gatal dan berair

Gejala fisik lainnya yang bisa langsung kita lihat adalah gejala dimana mata mengalami gatal serta berair. Ada baiknya kita untuk waspada terhadap diri kita sendiri apabila gejala ini terjadi. Tentu semua orang tidak menginginkannya, akan tetapi bukan berarti kita tidak harus mencegahnya. Karena tentu saja mencegah lebih baik dari pada mengobati, kita harus ingat akan hal ini.

  1. Gejala berupa flu dan demam tidak kunjung sembuh

Apa yang anda lakukan ketika mengalami flu dan demam? Berobat, kemudian segera sembuh. Nah, apabila anda sudah berobat tetapi tidak kunjung sembuh, maka di saat itulah anda harus segera memeriksa apakah flu dan demam yang anda alami tersebut merupakan gejala alergi atau tidak. Agar lebih akurat, anda bisa langsung menghubungi dokter yang anda percaya.

  1. Gejala berupa lelah serta mudah marah

Siapa sangka sebuah gejala tersebut bisa kita periksa dari emosi seseorang? Iya, kalau kita merasa lelah yang disertai perasaan mudah marah, bisa jadi itu adalah gejala dari masalah kesehatan yang tidak diinginkan tersebut. Gejala ini juga bisa disertai dengan sikap kita yang tidak bisa fokus atau sering kehilangan konsentrasi. Apabila hal tersebut terjadi, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Nah, itulah beberapa gejala alergi yang wajib untuk anda ketahui untuk mengetahui apakah anda memilikinya atau tidak. Tentu saja kita tidak ingin memilikinya, dan tentu saja mungkin masih ada gejala lain di luar sana yang belum kita sebutkan. Dengan mengetahui gejala tersebut, semoga kita bisa lebih menjaga kesehatan agar tidak terkena masalah kesehatan tersebut.