Inilah 2 Jenis Asuransi Liburan yang Paling Diminati

Sudah berniat untuk mendaftarkan diri pada asuransi liburan? Eits, sebentar dulu. Sudah tahu apa saja jenis-jenis asuransi perjalanan? Ketahui dulu jenis jenis asuransi perjalanan untuk menemani perjalanan Anda. Pastikan asuransi yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda saat liburan. Tujuan liburan juga bisa jadi pertimbangan dalam memilih jenis asuransi perjalanan yang tepat.

Setidaknya, ada dua jenis asuransi traveling yang paling populer, yaitu asuransi perjalanan tunggal dan asuransi perjalanan tahunan. Apa bedanya kedua jenis asuransi tersebut? Jenis asuransi liburan apa yang sesuai untuk Anda? Simak penjelasan di bawah ini.

Asuransi Perjalanan Tunggal

Asuransi perjalanan tunggal merupakan asuransi yang menjamin satu kali perjalanan wisata. Jadi Anda bisa mendaftarkan untuk jadwal wisata atau liburan Anda satu kali atau pada saat itu saja dan berlaku saat itu saja, asuransi ini berlaku untuk seluru negara di dunia. Namun jika Anda hanya ingin pergi wisata ke negara di Asia, premi yang dibayarkan lebih murah dibandingkan ke negara lain yang lebih jauh seperti daratan Eropa dan Amerika.

Fasilitas yang didapatkan antara lain penundaan atau pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, kecelakaan, medis, perawatan hingga kematian. Tentu jika Anda membayar premi yang lebih tinggi Anda akan mendapatkan perlindungan yang lebih banyak. Umumnya untuk daerah Asia akan dikenai sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000 dan untuk negara-negara di luar Asia mencapai Rp400.000 hingga Rp1.000.000.

Dengan premi yang cukup tinggi, perlindungannya juga semakin banyak dan lengkap, seperti penerbangan overbooked, evakuasi medis, ganti rugi perabot rumah akibat pencurian atau kebakaran dan lain-lain. Jadi, Anda akan mendapatkan manfaat yang banyak pula.

Asuransi Perjalanan Tahunan

Asuransi liburan lain yang tak kalah populer adalah asuransi perjalanan tahunan, jadi asuransi ini berlaku setiap tahun. Bagi Anda yang rutin menghabiskan waktu untuk traveling ke berbagai penjuru dunia, sebaiknya Anda memilih asuransi tahunan. Namun tentu saja premi yang diharuskan cukup tinggi. Untuk negara Asia saja kisarannya Rp1000.000 hingga Rp2.000.000 dan untuk negara di luar itu akan lebih tinggi lagi.

Fasilitas yang diberikan juga tidak jauh berbeda dengan asuransi perjalanan tunggal, hanya saja ini berlaku setiap tahun tanpa perlu mendaftar setiap kali akan keluar negeri. Jika dihitung hitung, asuransi tahunan ini lebih menguntungkan dan lebih hemat dibandingkan asuransi tunggal.

Tidak perlu bolak balik mendaftarkan diri untuk asuransi. Namun, itu hanya untuk orang yang sering wisata dalam satu tahun atau rutin. Jika Anda jarang melakukan wisata, lebih baik Anda memilih asuransi perjalanan tunggal saja.

Itulah dua jenis asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih, tergantung kebutuhan Anda mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat berwisata. Jangan lupa pilih perusahaan asuransi yang terpercaya untuk mendapatkan asuransi liburan Anda.