Ini 8 Langkah Mudah Ganti Oli Mobil Sendiri Tanpa ke Bengkel

Ganti oli mobil sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Bagi Anda yang tak punya banyak waktu luang untuk pergi ke bengkel, coba saja mengganti oli sendiri. Berikut 8 langkah mudah mengganti oli pada mobil Anda tanpa harus ke bengkel.

  1. Persiapan Peralatan

Sebelum penggantian oli, maka persiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Sebenarnya Anda tidak membutuhkan banyak alat. Anda hanya perlu menyediakan oli baru, dongkrak, kunci pas, dan baskom atau wadah apapun untuk menampung oli kotor. Semua alat ini sebaiknya diletakkan di dekat mobil agar lebih mudah dijangkau.

  1. Tinggikan Posisi Mobil

Proses penggantian oli mobil akan lebih mudah dilakukan jika mobil dalam posisi yang tinggi. Anda bisa menggunakan dongkrak untuk menyangga mobil dan membuat posisi mobil menjadi lebih tinggi. Aturlah posisi sebaik mungkin sehingga Anda bisa melakukan penggantian oli dengan mudah dan nyaman.

  1. Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin

Penggantian oli mobil harus dilakukan dalam kondisi mesin mobil yang dingin. Jika mesin dalam posisi yang panas maka biarkan suhunya turun terlebih dahulu. Paling tidak suhu mesin mobil Anda adalah 35°C saat akan ganti oli. Jika dipaksakan dalam kondisi suhu mesin yang masih panas maka bisa berbahaya.

  1. Kuras Oli Lama

Sebelum melakukan pengisian oli baru, maka Anda harus menguras oli lama terlebih dahulu. Anda perlu membuka penutup mesin terlebih dahulu agar proses penggantian oli bisa berlangsung dengan lancar. Agar bisa mengeluarkan oli lama, silakan buka baut penguras dengan menggunakan kunci pas yang sudah disediakan.

Baut penguras terdapat di bagian bawah blok mesin. Selain melepaskan baut, Anda juga perlu melepaskan ring atau gasket yang terdapat pada baut penguras. Bersihkan ring tersebut dan jika kondisinya sudah buruk silakan diganti dengan yang baru.

  1. Lepaskan Filter Oli

Filter oli juga harus dilepaskan terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian oli. Anda bisa melepaskan filter oli memakai kunci pas khusus filter oli. Jangan lupa, periksa juga kondisi ring atau gasket pada filter oli. Lepaskan gasket untuk memastikan oli tidak akan bocor.

Periksa kondisi filter oli yang sudah Anda lepaskan tadi. Jika filter oli sudah kotor maka Anda bisa menggantinya dengan filter yang baru. Ini dilakukan demi menjaga kondisi oli dan mesin pada mobil Anda. Sebelum dipasang kembali, lumasi filter dan gasket menggunakan oli yang masih baru.

  1. Persiapan Menuang Oli

Sebelum menuangkan oli, pastikan oli lama sudah benar-benar habis terkuras. Akan dibutuhkan beberapa menit sampai oli lama keluar semua. Jika oli sudah benar-benar terkuras maka Anda bisa memasang baut penguras dengan benar. Pastikan juga ring atau gasket pada baut sudah terpasang dengan baik agar oli tidak bocor.

Selain itu, jangan lupa pasang kembali filter oli yang tadi dilepaskan saat menguras oli. Lakukan pemasangan dengan benar, caranya yaitu dengan memastikan filter oli dan baut masuk ke ulir yang benar. Gunakan bantuan kunci untuk memastikan filter oli terpasang dengan kencang sebelum oli baru dituangkan.

  1. Masukkan Oli

Jika semuanya sudah siap, maka Anda bisa menuangkan oli baru. Anda bisa menuangkan oli melalui lubang mesin di bagian atas. Setelah selesai menuang oli, tutup dengan menggunakan knop penutup.

Tuangkan oli secara hati-hati agar tidak ada oli yang tumpah. Bagi Anda yang baru pertama kali menuangkan oli sendiri maka Anda harus sangat berhati-hati saat melakukannya. Jangan lupa, periksa bagian bawah apakah ada oli yang bocor atau tidak.

  1. Buang Oli Bekas

Jika sudah selesai semua proses penggantian oli, segera buang oli bekas yang Anda tampung di wadah atau baskom tadi. Jangan membuang oli bekas di sembarang tempat karena bisa membahayakan lingkungan sekitar. Anda bisa membuangnya di wadah yang tertutup rapat dan memang digunakan khusus untuk membuang oli bekas.

Itulah tadi 8 langkah mudah ganti oli mesin di rumah tanpa harus ke bengkel. Anda bisa melakukannya sendiri dan biayanya juga akan lebih hemat. Pastikan Anda membeli oli yang berkualitas untuk menjaga kondisi mesin agar tetap bekerja dengan baik.