Informasi dan Profil Lengkap Ponpes Nurul Firdaus

Profil lengkap Ponpes Nurul Firdaus diberikan untuk Anda yang membutuhkan informasi seputar pondok pesantren ini. Ponpes Nurul Firdaus merupakan boarding school terbaik yang ada di daerah Jabodetabek. Tidak hanya menyediakan pendidikan formal saja namun juga memberikan pendidikan agama bahkan rehabilitasi mental. Untuk Anda yang ingin menyekolahkan anak di tempat terbaik atau rehabilitasi anak akibat game online maka pondok pesantren ini menjadi pilihan yang tepat.

Berikut Ini Profil Lengkap Ponpes Nurul Firdaus

Dasar pemikiran dari dibuatnya Pondok Pesantren Nurul Firdaus adalah membentuk generasi muda Islam dengan IQ, EQ, dan SQ yang seimbang. Untuk informasi lengkap, simak profilnya berikut ini :

  • Tentang Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Pondok Pesantren Nurul Firdaus merupakan sebuah pondok pesantren yang terletak di Desa Kertaraharja, Ciamis, Jawa Barat. Ponpes yang didirikan oleh Dr. Gumilar, S.Pd., MM., menawarkan pendidikan formal maupun non formal yang lengkap. Pendidikan yang diberikan yaitu mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pesantren, serta rehabilitasi mental.

Nama Nurul Firdaus sendiri berasal dari bahasa Arab yang jika diterjemahkan memiliki arti Cahaya Surga Firdaus. Dengan diberikan nama tersebut, diharapkan Ponpes ini mampu menangani masalah mental remaja sehingga dapat hidup dengan lebih baik untuk mendapat syurga Firdaus. Rehabilitasi remaja yang ditangani yaitu remaja nakal, remaja yang mengalami gangguan jiwa, remaja yang kecanduan game online, dan lain sebagainya.

  • Kegiatan Harian Santri Boarding School

Profil lengkap Ponpes Nurul Firdaus selanjutnya membahas tentang kegiatan harian yang biasa dilakukan para santri boarding school. Kegiatan harian mulai pagi hari tidak jauh berbeda dengan sekolah formal pada umumnya. Santri akan melakukan berbagai kegiatan mulai dari pembelajaran di kelas kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler bisa dipilih, diantaranya yaitu futsal, sepak bola, pramuka, marawis, pencak silat, volley ball, hingga teater.

Setelah kegiatan akademik, santri akan diberikan kegiatan pesantren yang bertujuan membentuk karakternya. Kegiatan pesantren yang dilakukan yaitu membaca alquran, sholat berjamaah, hingga sholat malam. Jika ingin memberikan pendidikan agama sekaligus pendidikan formal kepada anak, pondok pesantren Nurul Firdaus ini layak dijadikan pertimbangan. Namun tidak semua anak bisa menjadi santri di boarding school, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelumnya.

  • Kiprah Pondok Pesantren Nurul Firdaus untuk Rehabilitasi Mental

Selama berdirinya, Pondok Pesantren Nurul Firdaus memiliki kiprah yang bagus terutama pada penanganan atau rehabilitasi mental. Setelah membuka tempat rehabilitasi kecanduan game online, telah banyak anak yang berhasil bebas dari ketergantungannya. Layanan psikoterapi diberikan khusus kepada anak yang kecanduan dengan game online. Tidak hanya itu saja, anak yang kecanduan juga diberi layanan pengobatan farmakoterapi agar tingkat adiksinya menurun.

Profil lengkap Ponpes Nurul Firdaus berikut ini menjelaskan tiga jenis terapi untuk menangani kasus kecanduan :

  • Motivational Interview (MI)

Terapi Motivational Interview atau MI dinilai sangat cocok untuk pasien yang memiliki usia remaja atau dewasa muda. Hal tersebut karena semua pengambilan keputusan dalam proses terapi dilakukan oleh mereka sendiri tanpa bantuan dan arahan dari orang lain.

  • Cognitive Behavior Therapy (CBT)

Seseorang yang ketergantungan akan sesuatu memiliki pola pikir yang tidak produktif dan malah mengarah ke hal-hal negatif. Cognitive Behavior Therapy atau CBT ini bertujuan untuk mengubah pola pikir negatif seseorang sehingga dapat didistribusikan dengan baik dan berubah menjadi pola pikir yang positif.

  • Terapi Perilaku

Untuk menurunkan motivasi pasien terhadap kecanduannya akan sesuatu, modifikasi lingkungan sangat perlu untuk dilakukan. Modifikasi lingkungan bertujuan untuk menghambat aktivitas pasien terhadap segala macam kecanduannya. Contohnya pada pecandu game online, orang tua harus memberikan aturan-aturan tertentu. Terapi ini bisa dilakukan oleh orang tua di rumah. Namun jika tidak ada indikasi keberhasilan, maka segera bawa anak tersebut ke Pondok Pesantren Nurul Firdaus.

Sebagai pesantren dan tempat rehabilitasi mental, Ponpes Nurul Firdaus menggunakan cara praktis dan teoritis. Segera datang langsung ke alamat yang ada jika Anda membutuhkan rehabilitasi mental atau pendidikan agama terbaik untuk anak. Semoga profil lengkap Ponpes Nurul Firdaus di atas dapat menambah informasi untuk Anda yang membutuhkan.