Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Soal Servis Mobil Sebelum Mudik

Mudik menjadi rutinitas tahunan bagi sebagian orang yang tinggal jauh dari keluarga. Harga tiket transportasi yang melonjak tajam, memaksa banyak orang harus mudik menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil.

Namun, sebelum pulang kampung, disarankan untuk menyervis mobil dan mengecek stamina kendaraan agar mudik aman dan tenang. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum servis mobil untuk mudik.

  1. Mengatur waktu

Menurut data, peningkatan jasa servis perawatan mobil naik sekitar 5-14 persen sebelum Hari Raya. Maka tak heran, banyak orang sudah memesan tempat jauh sebelum bulan Ramadhan di bengkel khusus untuk pengecekan dan perawatan kendaraan pribadi mereka.

Tak sedikit juga bengkel yang akhirnya harus close order karena permintaan membludak sebelum Idul Fitri. Karenanya Anda harus memperkirakan waktu kapan dan dimana akan menyerviskan mobil pribadi sebelum mudik. Atau jika Anda tak sempat, bisa juga menggunakan jasa montir panggilan untuk menyervis mobil Anda.

Pastikan waktu yang Anda pilih untuk perawatan mobil tidak mepet dengan tanggal keberangkatan serta hindari hari libur karena antrean pasti akan sangat panjang dan melelahkan. Biasanya puncak lonjakan tertinggi perawatan mobil dan servis di bengkel terjadi pada minggu kedua sebelum lebaran.

  1. Periksa komponen mobil

Setelah menentukan waktu untuk menservis mobil, kini saatnya Anda mengecek sejumlah komponen jika mobil Anda sudah sampai pada 10.000 kilometer. Komponen tersebut meliputi fungsi pendingin udara, filter udara, ball joint, aki, radiator, busi, suspensi, lampu, rem, wiper, dan knalpot.

Dan komponen yang perlu diganti ketika menyervis mobil ialah oli mesin juga filter oli. Perlu diketahui bahwa pergantian oli manual harus dilakukan setiap 40.000 KM dan untuk transmisi otomatis atau matic ialah setiap 80.000 KM.

  1. Memanggil jasa montir kendaran panggilan

Jasa montir mobil panggilan bisa jadi salah satu solusi untuk Anda yang sibuk dengan rutinitas dan tidak sempat ke bengkel untuk menyervis mobil. Keunggulan jasa yang satu ini ialah bisa langsung datang ke rumah Anda untuk menyervis mobil pribadi sehingga lebih efisien waktu.

Selain itu, Anda juga tidak perlu lelah mengantre berlama-lama di bengkel mengingat banyaknya orang yang juga melakukan servis sehingga di saat menjelang Hari Raya karenanya jasa montir ini akan sangat menghemat tenaga Anda.

Proses servis yang cepat juga menjadi salah satu kelebihan jasa montir mobil panggilan ini sehingga tak kalah baik fasilitas yang diberikan oleh bengkel yang biasa Anda datangi.

  1. Perhatikan lampu sen dan indikator mesin

Selain servis mobil dan jasa montir panggilan, kondisi lampu sen serta indikator juga harus dipastikan dalam keadaan baik. Terlebih ketika mudik, tentunya Anda akan berkendara bersama dengan kendaraan-kendaraan lainnya sehingga tidak membahayakan diri dan orang lain.

Karena lampu adalah komponen terpenting dalam mobil dan memiliki fungsi yang fatal. Apabila lampu mobil Anda tidak berfungsi maksimal tentunya akan sulit berkendara di malam hari atau dalam cuaca buruk seperti hujan lebat.

Lampu sen dan lampu indikator mesin juga harus Anda perhatikan karena berfungsi sebagai penanda manuver mobilmu. Jika lampu sen mati tentunya akan membahayakan pengendara di belakang Anda dan menyulitkan Anda untuk berbelok.

  1. Mengapa mobil perlu diservis sebelum mudik?

Selain memastikan bahwa kondisi kendaraan Anda prima dan komponen mesin optimal saat mudik, servis kendaraan juga berfungsi untuk mengetahui suku cadang apa saja yang harus diganti dan mempunyai masa pakai.

Misalnya kampas rem dan kopling. Jika mobil Anda adalah transmisi otomatis maka komponen v-belt harus diperhatikan karena menyangkut keselamatan pengemudi dan penumpang.

Selain itu, servis mobil secara rutin juga bisa membuat usia mobil lebih panjang. Biasanya, mobil berusia 4-5 tahun pemakaian, selanjutnya mobil akan memasuki masa peremajaan. Namun jika rajin di servis dan dirawat maka mobil Anda bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya. Kini sudah ada jasa montir panggilan, jadi tak ada lagi alasan lupa servis kendaraan.

Karenanya Anda jadi lebih hemat dalam pengeluaran karena tidak perlu membeli mobil baru setiap 5 tahun sekali. Menunda-nunda perawatan mobil membuat komponen mesin jadi cepat rusak dan performa yang dihasilkan menjadi buruk atau lebih rendah. Sehingga biaya perawatan semakin mahal dan risiko kerusakan mobil semakin tinggi.