Biaya Service AC Mobil Bukan Asal Tembak tapi Kerusakan yang Menentukannya

AC tidak hanya dipakai di dalam ruangan saja, seperti di kamar, mall, atau ruangan lainnya, tapi juga dimanfaatkan di kabin mobil. Dengan kondisi mobil yang tertutup, kehadiran AC sangatlah penting mengingat sebagai faktor kenyamanan yang nomor 1 saat berkendara. Maka dari itulah, Anda harus secara rutin membawanya ke bengkel  service AC mobil atau mengeceknya sendiri.

Mengeceknya sendiri tentu tidak membutuhkan biaya lebih, namun berbeda kalau Anda melakukan pengecekan di bengkel AC mobil karena ada biaya tertentu yang harus Anda bayarkan. Tapi, meskipun sudah tidak sedikit lagi bengkel tersedia di sepanjang jalan, Anda pun harus tetap waspada agar tidak menjadi korban penipuan biaya perbaikan AC mobil.

Ketahui Terlebih Dahulu Biaya Service AC Kendaraan Mobil

Zaman sekarang tidak jarang terjadi penipuan perbaikan AC mobil. Pertama-tama, pihak bengkel akan mengecek AC mobil Anda terlebih dahulu, lalu secara sembarangannya mengatakan kondisi kerusakannya yang sebenarnya bukan menjadi penyebab utamanya. Secara mau tidak mau, Anda mengikuti penjelasan mereka dan mengganti komponen yang seharusnya tidak perlu diganti.

Bengkel AC mobil biasanya memberikan biaya perbaikannya sesuai dengan jenis perbaikan yang Anda dapatkan. 2 jenis perbaikan yang umumnya ditawarkan yaitu basic service atau advance service.

Jika jarak tempuh mobil Anda sudah mencapai 10 ribu sampai 20 ribu km, maka Anda akan menggunakan basic service. Anda pun juga akan tetap mendapatkan jenis service tersebut saat usia mobil Anda di bawah 1 tahun. Untuk harganya, sebagian besar bengkel membanderol biaya service-nya sekitar Rp 200.000 hingga Rp 1 juta.

Biaya tersebut termasuk pengecekan awal, pemeriksaan rutin, maupun perawatan di komponen tertentu. Komponen-komponen yang biasanya perlu perawatan rutin yaitu kompresor ataupun evaporator. Tidak hanya itu saja, pergantian oli atau pembersihan komponen yang kotor juga termasuk service ac mobil ini

Berbeda dengan advance service yang tentunya Anda butuh budget yang lebih besar karena memang diperlukan perbaikan besar-besaran. Hampir semua komponen di service, seperti kompresor, kondensor, evaporator, filter, dan sebagainya. Karena lebih banyak komponen yang di service, tidak heran biaya perbaikannya menjadi lebih mahal.

Jangan lupa siapkan sekitar Rp 2 juta untuk sekali perbaikan kompresornya saja. Belum lagi dengan komponen lainnya. Anda bisa menghabiskan biaya lebih banyak untuk jenis service AC mobil ini. Selain membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit, Anda juga harus meluangkan waktu lebih banyak karena waktu pengerjaannya kurang lebih 4 jam.

Namun, di balik itu semua, biaya perbaikannya berbeda-beda tergantung pihak bengkel AC mobil yang mematoknya. Agar Anda terhindar dari penipuan bengkel abal-abal, ada baiknya langsung memilih bengkel resminya saja. Selain menggunakan jasa yang berkualitas, komponen-komponen yang tersedia tentu sudah asli.