Berbagai Jenis Sampah dan Cara Mengelolanya

Permasalahan tentang sampah adalah salah satu hal yang tidak bisa dianggap sepele. Ini adalah masalah yang serius untuk umat manusia yang jika tidak diatasi dengan baik maka bisa menimbulkan masalah lain yang jauh lebih besar dan serius. Nah, penanganan pada sampah bisa dimulai dengan cara mengetahui berbagai jenis sampah. Ya, dengan mengetahui aneka macam sampah, maka Anda bisa memisahkan sampah-sampah tersebut. Perlu diketahui bahwa tindakan pemisahan sampah adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pemisahan ini nantinya akan memudahkan pengelolaan pada sampah sehingga masalah sampah akan bisa diatasi dengan lebih baik.

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang aneka macam sampah dan juga bagaimana pengelolaan yang bisa dilakukan. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Jenis Sampah Berdasarkan Sifat

Didasarkan pada sifatnya, ada beberapa aneka macam sampah yang perlu Anda ketahui. Ya, aneka macam sampah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sampah organik

Sampah organik adalah salah satu dari aneka macam sampah yang bisa terurai. Sampah ini biasanya akan diolah menjadi pupuk kompos dan digunakan untuk tanaman. Beberapa sampah yang masuk dalam jenis sampah organik adalah sisa makanan, daun kering, sayuran dan beberapa lainnya yang sejenis.

  • Sampah anorganik

Sampah anorganik adalah macam sampah yang sulit untuk membusuk dan cenderung tidak bisa terurai. Tentu, sampah ini memiliki sifat berlawanan dengan sampah organik. Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa jika sampah anorganik tidak dikelola dengan baik, maka akan bisa merusak ekosistem dari manusia dan juga hewan.

Ini adalah salah satu masalah sampah yang kini terjadi di banyak tempat. Contoh dari aneka macam sampah anorganik adalah plastik, logam dan lainnya. Sampah ini bisa dikelola dengan cara daur ulang.

  • Sampah B3

Pernahkah Anda mendengar sampah B3? Ini adalah sampah yang perlu Anda perhatikan karena termasuk macam sampah yang berbahaya. Biasanya, sampah ini berasal dari sisa pengolahan bahan kimia. Macam sampah yang satu ini perlu mendapatkan perhatian serius agar tidak menyebabkan bencana kemanusiaan.

Jenis Sampah Berdasarkan Bentuk

Jika dilihat dari bentuknya, maka ada beberapa jenis sampah yang juga perlu Anda ketahui. Beberapa jenis sampah berdasarkan bentuk tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sampah padat

Sampah padat adalah macam sampah yang memiliki sifat padat sebagaimana benda. Macam sampah ini sangat beragam dan sampah baik organik ataupun anorganik bisa masuk kategori ini. Macam sampah ini selain kotoran manusia, sampah cair dan urine.

  • Sampah cair

Sampah cair secara umum dibagi menjadi dua kategori, yaitu limbah hitam dan limbah toilet. Nah, limbah hitam adalah macam sampah yang dihasilkan dari toilet dan mengandung zat yang berbahaya. Sedangkan limbah rumah tangga adalah sampah yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi serta tempat cucian.

Penanganan Pada Sampah

Aneka jenis sampah merupakan tantangan bagi manusia untuk mengatasinya. Nah, untuk pengelolaan sampah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Replace atau mengganti. Dalam hal ini, Anda bisa mengganti barang yang lebih ramah lingkungan yang bisa dipakai berkali-kali
  • Reduce atau mengurangi. Artinya, Anda mengurangi produksi sampah yang sebenarnya dihasilkan oleh diri sendiri
  • Reuse atau memakai kembali. Dalam hal ini, ada beberapa barang yang bisa digunakan ulang sehingga tidak menjadi sampah
  • Recycle atau daur ulang. Dengan daur ulang, Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis sampah tertentu untuk diolah menjadi barang yang berbeda

Nah, demikian beberapa ulasan tentang jenis sampah yang ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat.