Bagaimana Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah?

Salah satu masalah mulut yang mengganggu adalah karang gigi. Keberadaan karang gigi ini terbilang sangat mengganggu karena bisa membuat penampilan tak bagus dan membuat bau mulut. Oleh sebab itu, Anda harus rajin menerapkan cara membersihkan karang gigi. Tak harus ke dokter, Anda juga bisa melakukannya di rumah. Ini caranya?

  1. Sikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari dan Dengan Cara yang Benar

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah sikat gigi minimal dua kali sehari. Cara ini efektif untuk menghilangkan karang gigi yang masih berwarna putih. Supaya gigi benar-benar bersih, Anda harus menyikat gigi minimal 2 menit lamanya. Kalau lebih cepat dari itu, maka tidak akan efektif untuk membersihkan kotoran dan plak yang masih menempel.

Selain minimal 2 kali sehari, Anda juga wajib menyikat gigi dengan cara yang benar. Sikat gigi Anda dengan gerakan memutar dari atas ke bawah dan pastikan Anda menyikat setiap bagian gigi sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang. Selain itu, pastikan Anda tidak menyikat terlalu keras atau menekan gigi sehingga tak merusak permukaan gigi.

  1. Bersihkan Gigi dengan Benang

Tak ada salahnya Anda menggunakan benang untuk membersihkan gigi. Menggunakan benang untuk menyikat gigi ini bisa menjangkau sela-sela gigi dan bagian terdalam gigi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat. Rutin membersihkan gigi dengan cara ini juga bisa mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut.

Untuk cara melakukannya sebenarnya tak susah. Anda hanya perlu menggesekkan benang di sela gigi secara berkala, Hindarilah menggesek benang ke sela gigi dan gusi terlalu keras karena itu malah bisa merusak gigi Anda.

  1. Bersihkan Lidah

Anda juga harus membersihkan lidah. Sebab, menurut penelitian, 50% bakteri dalam mulut ada di lidah. Campuran air liur dan bakteri bisa membentuk plak di atas permukaan lidah dan sayangkannya ini tak bisa hilang hanya dengan cara berkumur saja. Cara paling baik untuk mengatasinya adalah dengan menyikat lidah. Gunakanlah sikat lidah khusus untuk ini.

  1. Berhentilah Merokok

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan tidak merokok. Kandungan kimia dalam rokok dapat memicu pembentukan karang gigi yang semakin banyak. Bahkan, karang gigi orang yang merokok warnanya cenderung hitam.

  1. Banyak Minum Air Putih

Anda juga bisa coba mengonsumsi air putih lebih banyak. Sebab, dengan banyak minum air, maka produksi air liur Anda juga akan lebih banyak. Air liur ini berfungsi untuk menjaga kelembapan mulut dan meluruhkan plak dan sisa makanan di permukaan gigi.

Itulah beberapa cara membersihkan karang gigi di rumah yang bisa Anda lakukan. Untuk cara yang lebih efektif, Anda bisa melakukan scaling dengan bantuan dokter. Anda bisa melakukannya secara rutin untuk mengurangi risiko timbulnya plak yang jadi penyebab utama timbulnya karang gigi.