Ampuh! 5 Upaya Jitu Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang dimiliki manusia. Kerusakan pada organ ginjal tidak hanya berdampak pada kesehatan organ tersebut saja, tetapi pada seluruh fungsi tubuh. Jika penyakit ini sudah di tingkat kritis, maka akan sulit disembuhkan. Namun ada beberapa cara mencegah penyakit ginjal yang bisa Anda lakukan sejak dini.

  1. Berhenti Merokok

Merokok menjadi kebiasaan yang harus dihindari untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit ginjal. Secara tidak langsung, merokok berisiko untuk gagal ginjal. Semakin intens Anda merokok, maka semakin tinggi pula kemungkinan bisa mengalami gagal ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhenti merokok baik aktif atau pasif.

  1. Mengurangi Obat Pereda Nyeri

Obat untuk pereda nyeri seperti ibuprofen atau naproxen, jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal. Anda disarankan agar membatasi mengonsumsi obat jenis ini. Kandungan zat yang ada dalam obat pereda nyeri membuat beban ginjal meningkat sehingga bejat sel ginjal mengalami kerusakan.

  1. Aktif Bergerak

Bergerak menjadi faktor penting untuk terhindar dari berbagai penyakit. Jika Anda hanya duduk saja setiap hari, maka risiko penyakit ginjal ada. Untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh maka Anda harus sering bergerak aktif. Lakukan di sela-sela kesibukan Anda meskipun hanya 30 menit sehari.

  1. Minum Air yang Cukup

Air merupakan hal paling penting untuk kerja ginjal. Untuk mencegah penyakit ginjal, Anda harus minum air yang cukup, setidaknya 2 liter per hari. Minum air dalam kadar yang cukup mampu menurunkan risiko batu ginjal pada pria dan wanita.

  1. Batasi Konsumsi Garam

Kadar garam yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Garam yang terlalu banyak dikonsumsi dapat membuat darah semakin kental dan berat untuk disaring oleh ginjal. Anda harus mengatur kadar garam dalam tubuh agar tidak kurang maupun lebih. Jumlah garam yang masih wajar yaitu 5-6 gram per hari.

Beberapa cara tersebut mungkin dapat mencegah penyakit ginjal terjadi pada Anda. Kunci kesehatan ginjal terletak pada usaha dalam menjaga gaya hidup sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Sebaiknya Anda melakukan upaya pencegahan sebelum penyakit menyerang Anda.