Agar Tak Salah Pilih, Hindarilah Aneka Kesalahan Saat Memilih Kitchen Set

Memilah dan memilih kitchen set terbaik memang membutuhkan banyak pertimbangan. Kesalahan pemilihan kerapkali dilakukan banyak orang yang mengakibatkan pemakaian tidak tahan lama ataupun fungsinya tidak optimal. Keindahan interior juga tidak tercipta. Mengingat semua risiko tersebut, inilah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memilih kitchen set.

  1. Ukuran Kitchen Set Tidak Sesuai

Ketidaksesuaian antara ukuran furnitur dengan luas ruangan yang tersedia adalah kesalahan yang sering terjadi. Tidak sedikit kasus penataan interior yang kurang tepat. Hal tersebut umumnya disebabkan tidak paham benar dengan luas ruangan, terlalu tergesa-gesa dalam memilih produk, atau hanya mengutamakan desain. Penyesuaian ukuran justru diabaikan. Jadi, hindarilah hal ini.

  1. Mengutamakan Tren Desain

Memperhatikan tampilan dari suatu furnitur memang tidak ada salahnya. Justru hal ini perlu dilakukan demi keindahan dan kenyamanan ruangan. Akan tetapi, Anda jangan sebatas memperhatikan desainnya saja. Artinya, gunakan pertimbangan lainnya yaitu fungsi dan kesesuaian desain furnitur dengan ruangan. Jangan membeli kitchen set hanya karena sedang tren.

  1. Material yang Tidak Tepat

Banyak sekali jenis material furnitur, termasuk kitchen set, yang sebenarnya memerlukan pertimbangan cermat sebelum memilih. Anda harus memilih material yang benar-benar bagus yaitu tahan panas dan air. Tentu furnitur berbahan kayu tidaklah tepat karena tidak tahan lama. Untuk itu, pilihlah furnitur berbahan dasar aluminium, marmer, metal, atau kombinasi.

  1. Desainnya Tidak Fungsional

Memilih suatu produk harus cermat dan mengutamakan fungsinya. Setelah kriteria ukurannya sesuai, Anda perlu mempertimbangkan tingkat fungsionalitasnya. Hal ini sangat penting terkait dengan pemakaian sehari-hari agar optimal. Hindari memilih kitchen set yang bagiannya tidak lengkap atau kurang lengkap. Untuk ruangan minimalis, pilihlah yang hemat tempat dan lengkap.

  1. Storage Tidak Memadai

Pertimbangan berikutnya adalah kapasitas storage atau ruang penyimpanan. Kesalahannya, bagian ini sering terabaikan. Akibatnya, ruangan dapur kurang tertata rapi karena banyak barang dan peralatan masak yang tidak tersimpan rapi. Oleh karena itu, usahakan mengoptimalkan ruang penyimpanan ini demi kemudahan penataan dan penyimpanan barang di dapur.

  1. Tema Desain yang Tidak Sesuai

Berbicara soal kesesuaian antara tema desain kitchen set dan dapur, seringkali banyak pihak yang tidak mencermatinya. Pada akhirnya, terjadilah salah pilih karena tema desainnya tidak sesuai. Keindahan ruangan dapur menjadi tidak tercipta karena terdapat ketidakcocokan desain antara furnitur dengan desain dapur itu sendiri.

Jadi, berhati-hatilah dalam memilih desain kitchen set agar menyesuaikan dalam hal warna dan material dengan nuansa dapur yang sudah ada sebelumnya. Kesesuaian ini akan mendukung desain interior yang match, sehingga indah dan nyaman dipandang.

Semua kesalahan dalam memilih kitchen set tersebut memang sudah banyak kasusnya. Kesalahan umum tersebut memang harus dihindari agar mendapatkan furnitur terbaik dari segi desain, fungsi, dan kapasitas pemakaian.