5 Inspirasi Konsep Taman Depan Rumah untuk Hunian Mungil

Memiliki taman kecil di depan rumah tidak hanya berfungsi sebagai estetika saja. Taman depan rumah juga dapat memberi kesan hunian yang nyaman dan hangat. Keberadaan taman ini sering diabaikan karena terbatasnya lahan yang tersedia. Berikut ini beberapa inspirasi konsep taman di depan rumah yang bisa Anda coba.

  1. Gunakan Konsep Jalan Setapak di Depan Rumah

Inspirasi desain pertama yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah pada taman depan rumah adalah menggunakan konsep jalan setapak. Memberi sedikit ruang antara pagar dan teras dan menatanya dengan hamparan rumput serta jalan setapak di tengah bisa menjadi alternatif taman yang indah. Tambahkan beberapa tanaman berdaun di kedua sisi agar taman terlihat apik.

  1. Jadikan Tanaman Sebagai Penghias Pagar Pembatas

Jika rumah Anda memiliki pagar yang cenderung sangat rapat dengan bagian teras, Anda bisa menjadikan pagar tersebut sebagai alternatif taman. Anda bisa memilih berbagai aneka bunga-bungaan atau juga tanaman rambat yang tumbuh mengikuti pagar pembatas. Beberapa varian tanaman hijau juga bisa Anda tempatkan di depan pagar sebagai tambahan.

  1. Taman Berkonsep Kering dengan Paving Block

Jika area depan rumah Anda tidak memungkinkan untuk langsung ditanami tanaman, menggunakan konsep taman kering bisa menjadi pilihan. Anda bisa menata kerikil sedemikan rupa di area taman untuk menyamarkan tanah dan menyelipkan beberapa tanaman hijau. Gunakan paving block atau keramik batu alam untuk memberi kesan hidup dan rapi pada taman.

  1. Manfaatkan Area Tangga dan Sisi Rumah

Bagi Anda yang memiliki rumah berkonsep rumah panggung atau yang memiliki posisi agak tinggi sehingga memerlukan tangga untuk sampai ke bangunan utama, area tangga bisa Anda manfaatkan sebagai taman yang ciamik. Susun pot-pot tanaman sedemikian rupa di salah satu sisi tangga. Anda juga bisa membuat taman melintang di sepanjang sisi rumah sebagai alternatif.

  1. Buat Kolam Mini Sebagai Focal Point Taman

Membuat desain taman yang menarik memang susah susah gampang. Salah satu trik mudahnya Anda bisa membuat kolam mini di tengah taman dan menata tanaman untuk melingkar di sekitarnya. Tambahkan juga air mancur atau air terjun mini untuk menambah kesan segar dan alami pada taman kecil Anda.

Bagaimana apa Anda sudah menemukan konsep taman depan rumah yang tepat untuk hunian Anda? Bukan hanya soal estetika, keberadaan taman di depan rumah akan memberi kesan menenangkan dan nyaman bagi penghuninya.