4 Tips untuk Menciptakan Logo yang Tidak Pasaran

Bagi sebuah perusahaan, logo memiliki arti yang sangat penting. Bahkan, logo juga digunakan untuk melihat seperti apa kualitas dan jati diri dari sebuah perusahaan di mata masyarakat. Oleh sebab itu, ketika buat logo pastikan logo tersebut tidak pasaran. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti.

  1. Sebaiknya buatlah logo yang simple dan mudah diingat

Ketika Anda membuat sebuah logo, akan lebih baik jika logo tersebut tidak terlalu rumit, maksudnya di sini adalah coba buat logo yang simpel saja dan mudah diingat oleh orang. Ketika membuat logo, Anda juga harus membayangkan sebuah usaha yang besar dan sukses di masa yang akan datang.

Dengan demikian, Anda juga harus membuat logo dengan nama yang luar biasa sehingga ketika usaha tersebut besar Anda tidak perlu lagi mengganti logo tersebut. Anda bisa mencari referensi nama usaha yang tepat dengan usaha yang dibuat.

Jika kebingungan, Anda bisa meminta pendapat kepada orang lain. Pastikan bahwa logo tersebut juga membuat orang penasaran namun tidak berlebihan.

  1. Logo harus mengandung filosofi

Tidak hanya simpel dan mudah diingat, namun dalam buat logo pastikan juga bahwa logo tersebut mengandung filosofi di dalamnya. Anda tidak bisa asal membuat logo tanpa tahu arti dari logo tersebut.

Pasalnya, logo ini dijadikan sebagai identitas dari usaha milik Anda. Ketika Anda tidak tahu makna dari logo, maka Anda juga tidak akan tahu identitas perusahaannya sendiri. Nah, jika Anda sudah memiliki konsep dalam membuat logo namun kesulitan untuk membuatnya sesempurna mungkin.

Maka yang harus Anda lakukan di sini adalah meminta bantuan dari jasa pembuat logo. Hal ini ternyata sangat efektif, Anda tinggal meminta mereka untuk membuatkan logo sesuai dengan konsep dan filosofi yang diinginkan.

  1. Pemilihan warna dan huruf

Pernahkah Anda memikirkan idealnya berapa warna yang harus dimasukkan dalam sebuah logo? Dalam membuat sebuah logo, Anda tidak perlu memasukkan warna terlalu banyak. Anda bisa menggunakan dua warna atau maksimal tiga atau empat warna saja.

Sebagai contoh adalah logo yang digunakan oleh perusahaan Microsoft. Perusahaan ini adalah sebuah perusahan yang besar. Namun, mengapa dalam logonya hanya menggunakan empat warna tile dengan tulisan Microsoft saja.

Nah, sedangkan untuk penggunaan font huruf, ada baiknya juga gunakan saja satu font yang jelas dan mudah untuk dibaca. Dengan demikian logo tersebut akan lebih dipahami dan membuat usaha yang Anda jalankan terlihat lebih profesional.

  1. Coba fokus pada target pasarnya

Tips buat logo yang menarik berikutnya adalah Anda harus memiliki gambaran tentang target pasar yang dituju. Misalnya target pasar Anda adalah anak remaja, nah, pastikan logo tersebut juga desainnya disukai oleh anak remaja.

Jangan sampai target pasar anak remaja namun desainnya lebih mirip untuk anak-anak atau orang dewasa. Dengan demikian, logo tersebut secara otomatis tidak akan tepat sasaran. Karena itu, pastikan terlebih dahulu pangsa pasar baru kaitkan logo dengan hal tersebut.

Membuat logo tentunya tidak semudah hal yang Anda bayangkan. Anda harus memasukkan keempat komponen di atas agar tercipta sebuah logo yang selaras dan harmoni. Nah, karena logo ini sangat penting bagi sebuah usaha, oleh sebab itu dalam proses pembuatannya harus dibuat semenarik mungkin.

Pastikan Anda mencari banyak referensi dalam proses buat logo. Pasalnya, referensi ini sangat penting agar logo yang Anda buat tidak pasaran dan tidak sama dengan orang lain.