3 Kesalahan Umum Pemasaran Online B2B Indonesia

Berbincang tentang bisnis, pemasaran menjadi hal sangat penting karena akan berpengaruh pada bisnis yang dijalankan tersebut. Oleh karenanya, inovasi terkait pemasaran sangat perlu dilakukan. Saat ini, telah hadir online B2B Indonesia yang bisa menjadi platform pemasaran modern yang tentu bisa Anda manfaatkan untuk menunjang bisnis yang Anda jalankan.

Seperti namanya, online B2B adalah platform pemasaran online layaknya marketplace yang saat ini sangat terkenal. Namun, marketplace yang satu ini kebanyakan akan melayani transaksi B2B atau business-to-business seperti pengadaan barang perusahaan.

Nah, sayangnya, ada beberapa kesalahan umum yang biasanya terjadi di online B2B yang berhubungan dengan marketing. Kesalahan ini tentu akan menyebabkan kerugian pada bisnis Anda jika tidak bisa ditangani dengan baik.

Beberapa Kesalahan Umum Pemasaran B2B Online

Seorang marketer harus memiliki ilmu dan kemampuan marketing yang baik agar bisa menuntaskan transaksi dengan cermat dan juga memasarkan produk dengan maksimal. Nah, berbincang tentang marketing online B2BIndonesia, ada beberapa kesalahan umum yang terjadi yang tentu saja harus dihindari.

Adapun beberapa kesalahan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak memahami klien dengan baik

Pemahaman pada klien menjadi tugas yang teramat penting bagi seorang marketer. Ya, pemahaman yang mereka miliki tentu akan berpengaruh pada bagaimana kepuasan yang akan tergambar pada raut wajah klien selama proses transaksi berlangsung.

Sayangnya, masih ada cukup banyak marketer yang tidak cukup baik dalam memahami klien. Mereka –para marketer, menganggap bahwa klien memiliki behavior yang sama. Padahal, tentu, masing-masing klien umumnya memiliki kebiasaan yang berbeda.

Oleh karenanya, pendekatan menjadi hal yang harus dilakukan oleh seorang marketer. Mereka bisa menggunakan beberapa cara untuk memahami klien dengan lebih baik, seperti:

  • Menggunakan bahasa yang cenderung lebih sopan dan profesional karena dalam B2B klien yang datang biasanya perusahaan besar
  • Hindari menggunakan bahasa klise untuk membangun kedekatan
  • Perlakukan klien dengan baik dan formal agar tidak ada kesan Anda bermain-main
  • Kesalahan email marketing

Dalam online B2B, email menjadi salah satu media yang kerap kali digunakan untuk persetujuan. Email dipilih karena selain praktis juga cenderung aman dan hemat waktu. Selain itu, email juga menjadi sarana promosi yang cukup efektif. Anda –sebagai marketer, bisa melakukan promosi dengan channel email yang dimiliki.

Namun, sayangnya, salah satu kesalahan umum yang terjadi pada marketing B2B adalah tentang email marketing. Ya, umumnya, kesalahan yang terjadi adalah email yang dikirim ke calon konsumen masuk ke folder spam atau sampah. Hal ini tentu saja sangat merugikan karena bisa jadi email tidak akan terbaca oleh calon konsumen.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan kesalahan marketing online B2B ini, seperti:

  • Hindari menulis subjek email dengan huruf kapital secara keseluruhan
  • Pastikan tidak ada kesalahan tulis (typo) dalam pengiriman email
  • Jangan gunakan kata seru yang berlebihan
  • Subjek line yang terkesan membosankan

Sebagaimana diketahui bersama bahwa marketer harus bisa menarik minat dari calon konsumen. Salah satu yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan menggunakan judul yang terkesan memukau dan mengundang rasa penasaran. Nah, kesalahan yang umum dilakukan adalah subjek line atau judul dari penawaran terkesan biasa saja dan membosankan.

Selain itu, jika tidak membosankan, judul dibuat dengan bahasa yang cenderung berlebihan dan kurang straight to the point. Oleh karenanya, seorang marketer harus belajar untuk membuat judul yang baik, tepat dan efektif.

Nah, beberapa kesalahan di atas sebaiknya menjadi pemikiran bagi Anda yang berperan sebagai marketer. Dengan menghindari kesalahan di atas, tentu pemasaran di online B2BIndonesia akan lebih maksimal.